476 views

Semarang– Selasa, 23 Mei 2023 bertempat di halaman utama SMA Negeri 3 Semarang, siswa-siswi kelas X menyelenggarakan kegiatan Expo bertajuk “SMAGA SPECTACULTURE 2023” sebagai puncak dari pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mengusung tema Kearifan Lokal. Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib, terbagi dalam 3 kelompok, yaotu kolosal, artefak budaya dan kuliner semarang. Beberapa siswa yang tergabung dalam kelompok kolosal mempersembahkan sajian lagu Semarang Endah dan Simpang Lima Ria, adapula sajian apik  tari warak dugderan, kisah kolosal legenda goa kreo dan sesaji rewondo.

Kegiatan P5 bertema Kearifan Lokal diawali dengan melakukan kegiatan outing kelas ke beberapa lokasi tujuan sesuai kelompok artefak (lawang sewu, gereja blendug, stasiun tawang), kelompok Kulineran Semarang (es gempol, wedang tahu, mie kopyok, bir pletok), dan kelompok kolosal dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti masjid agung kauman, makam ki ageng pandanaran, goa kreo dan Sampo Kong. Setelah mendapatkan bahan dari hasil pembelajaran di luar kelas, para siswa mempersiapkan diri selama kurang lebih 2 minggu untuk bisa tampil pada gelaran SMAGA SPECTACULTURE.

Kemeriahan kegiatan SMAGA SPECTACULTURE dapat dilihat dari antusiasme para orangtua siswa yangturut hadir dan berkontribusi dalam kegiatan SPECTACULTURE,  selain itu juga menghadirkan siswa dari sekolah-sekolah sekitar untuk bisa berbagi pengetahuan dalam menelusur warisan masa lampau kota Semarang. Pembelajaran Projek ini bertujuan menggaungkan kearifan lokal yang ditemui dan bermakna bagi peserta didik sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, dan mengembangkan karakter kreatif, berwawasan global dan bernalar kritis.

Sukses SMAGASPECTACULTURE 2023

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *