A. Visi 

“Mewujudkan Generasi yang SPECTACULAR”.

 

Indikator visi tersebut adalah :

  1. Terwujudnya siswa yang Smart; cerdas secara emosional dan intelektual yang unggul dalam bidang riset dan teknologi;
  2. Terwujudnya siswa yang Persistent; tangguh secara fisik dan mental, kompetitif, dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan;
  3. Terwujudnya siswa yang Energetic; enerjik, aktifdan gesit dengan badan yang sehat melalui olahraga yang teratur;
  4. Terwujudnya siswa yang Creative; selalu berinovasi dengan hal baru dan kekinian sesuai dengan tantangan zaman;
  5. Terwujudnya siswa yang Talented; berbakat dengan keunggulan dan keunikannya masingmasing;
  6. Terwujudnya siswa yang Cultured; berbudaya nasional dan berkebhinekaan global serta berwawasan lingkungan hidup;
  7. Terwujudnya siswa yang Religius; beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak

 

B. MISI

  1. Memberikan keteladanan sikap santun dan hormat kepada guru dan orang lain.
  2. Membentuk peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan penelitian, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi digital.
  1. Membentuk peserta didik yang tangguh fisiknya melalui latihan organisasi dan ekstrakurikuler, gemar berolahraga, serta berprestasi di bidang olahraga yang ditekuninya.
  2. Membimbing peserta didik untuk selalu berinovasi dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran, menciptakan kegiatan-kegiatan kreatif dalam ekstrakurikuler maupun penunjang kegiatan kurikuler lainnya.
  3. Mengoptimalkan bakat-bakat siswa agar berpresatsi dan berkarya maksimal sesuai dengan potensi dan keunikan yang dimilikinya.
  4. Mengadakan kegiatan budaya untuk menumbuhkan cinta budaya nasional dan kebhinekaan global, serta kegiatan yang mendukung pembiasaan-pembiasaan demi tercipatanya lingkungan hidup yang hijau, bersih dan sehat menuju sekolah adiwiyata.
  5. Menciptakan toleransi keberagamaan dan keragaman di sekolah agar tercipta karakter siswa yang religius dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

C. TUJUAN

Mengacu pada Visi dan Misi tersebut di atas, tujuan  SMA Negeri 3 Semarang adalah sebagai berikut:

  1. Membentuk siswa yang santun dan hormat kepada guru dan sesama serta mampu mengendalikan emosinya dengan baik.
  2. Mendidik siswa mempunyai nilai akademik yang mampu bersaing untuk memasuki perguruan tinggi negeri dan makompetitif di dunia global.
  3. Membina siswa yang mampu melakukukan penelitian dan menghasilkan laporan penelitian sekurang-kurangnya 1 penelitian dalam 1 kelompok siswa.
  4. Melaksanakan pembelajaran yang ramah digital sehingga siswa mampu menguasai teknologi yang diperlukan untuk kehidupan.
  5. Membentuk siswa yang tangguh fisik dan mentalnya melalui latihan organisasi dan ekstra kurikuler.
  6. Menjadikan siswa yang mencintai olahraga dan selalu beraktivitas untuk menjaga kebuguran tubuh dan mampu berprestasi di bidang olahraga mulai tingkat kota sampai tingkat nasional.
  7. Menciptakan inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran baik oleh siswa dan guru.
  8. Mengarahkan siswa menciptakan kegiatan-kegiatan kreatif dalam ekstrakulikuler dan kegiatan kesiswaan lainnya.
  9. Mendorong siswa agar dapat berprestasi sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki.
  10. Menyelenggarakan kegiatan-kegitan dengan tema budaya yang menonjolkan kebudayaan nasional dan kebhinekaan global.
  11. Membina siswa memiliki kebiasaan-kebiasaan positif bagi siswa dan warga sekolah untuk mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang hijau, bersih dan sehat yang pada gilirannya tercipta sekolah adiwiyata yang menginspirasi sekolah-sekolah di sekitarnya.
  12. Membentuk siswa yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotongroyong, dan berkebhinekaan global melalui kegiatan intrakurikuler dan pelaksanaan proyek profil pelajar Pancasila.
  13. Mendidik siswa agar memiliki life skills dan sikap kewirausahaan melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
  14. Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tingg Negeri/Swasta baik nasional, maupun internasional untuk peningkatan kualitas sekolah.
  15. Mendidik siswa sehingga berkarakter religius dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan yang mengembangkan toleransi keberagamaan dan keragaman di sekolah sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

D. STRATEGI

  1. Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Melaksanakan pembelajaran multi metode dan media berbasis Information and Communication Technology (ICT);
  3. Mengembangkan program Sekolah Riset melalui program bimbingan Satu Group Siswa Satu Hasil Karya Penelitian (One Group of Students Write One Reserach Paper) mulai dari semester I sampai dengan semeter IV.
  4. Mengfektifkan program bimbingan dan konseling untuk memotivasi peserta didik mengenali potensi dirinya agar berkembang secara optimal dan memiliki kecakapan hidup;
  5. Melaksankan kegiatan-kegiatan keagamaan dan social seperti PHBI, Qurban, Social Care, Live In, dan Outing Class untuk  melahirkan etika moral yang luhur sehingga menjadi sumber kearifan dan kebijakan dalam bertindak;
  6. Mengefektifkan kegitan intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk enumbuhkan budaya kooperatif dan kompetitif dengan tetap berpijak dan terintegrasi secara simultan pada peningkatan keimanan dan kepribadian;
  7. Mengembangkan kemampuan berbahasa dan gerakan literasi gemar membaca dan menulis melalui kegiatan ekstra ECC, Mochi, English Debate, lomba science creativity, dan SMAGA Language Day;
  8. Mengembangkan kemampuan literasi numerasi melalui pengembangan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran di semua mata pelajaran serta melalui lomba science creativity, kewirausahaan dan lomba-lomba penelitian;
  9. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stakeholder, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui komunikasi yang efektif;
  10. Melaksanan kegiatan MGMP, rapat dinas guru karyawan, briefing pagi, OSIS, dan MPK untuk menciptakan komunikasi yang efektif agar tercipta budaya organisasi yang kondusif;
  11. Menumbuhkan apersepsi dan apresiasi seni dan budaya bangsa menuju terbentuknya sikap dan perilaku yang santun dalam bermasyarakat melalui intrakurikuler dan ekstrakurikuler seni dan budaya;
  12. Melakukan kajian dan analisis tingkat kemajuan institusi serta menentukan tindak lanjut secara berkesinambungan melalui audit internal dan eksternal;