KULTUR SEKOLAH

Kultur sekolah adalah budaya sekolah yang menjadi ciri dan nilai unggul SMA Negeri 3 Semarang, kultur sekolah yang dikembangkan diantaranya : 

Efektifitas sekolah, terutama efektifitas pembelajaran.

Dengan adanya moving class, setiap kelas ditempati oleh 2 orang guru bidang studi yang sama, sehingga jika ada salah satu berhalangan mengajar otomatis akan digantikan guru yang satu, dan jika guru tersebut juga mengajar maka akan digantikan dengan guru lain pengampu mata pelajaran yang sama, sehingga tidak akan ada jam pelajaran kosong, fokus kepada pelanggan dan belajar berkesinambungan 

Lingkungan sekolah bersih, rapi, aman, Indah, dan rindang.

Hal ini diimplementasikan dengan menjalin kerjasama dengan outsourcing cleaning service yang setiap saat siap untuk melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah, menjadikan lingkungan sekolah bersih dan nyaman, ini mencerminkan nilai inti Fokus Kepada Pelanggan. 

Mengutamakan kepentingan sekolah diatas kepentingan pribadi.

Kalau ada ketidak sepahaman dalammemutuskan kebijakan, maka akan diadakan diskusi bersama seluruh warga sekolah (seluruh guru, karyawan dan siswa), untuk siswa dapat dilakukan dengan jalan mengisi kuesioner yang berisi usulan kepada sekolah, ini mencerminkan nilai inti “integritas dan fokus kepada pelanggan” 

Warga sekolah

Sebagai pembelajar dan agen pembaharu
Sekolah sebagai tempat untuk belajar baik guru ataupun siswa, maka mereka diharapkan selalu meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. oleh karena itu, sekolah menyediakan jaringan internet yang bisa diakses lewat pembelajaran di kelas maupun di ruang-ruang di lingkungan SMA 3 Semarang, ini mencerminkan nilai inti “kreatif, inovatif dan belajar berkesinambungan”


Peka terhadap sesama

Kalau ada warga sekolah, baik guru / keluarga guru, karyawan / keluarga karyawan ataupun siswa / orang tuanya mendapat musibah maka seluruh warga sekolah berupaya meringankan beban yang harus ditanggung berupa dana bantuan ataupun atensi menjenguk sambil menyerahkan bantuan kolektif, ini mencerminkan nilai inti “religius, jujur, integritas, ramah dan menyenangkan”. 

Peka terhadap lingkungan sekitar

Ikut berpartisipasi aktif jika lingkungan sekitar ada kegiatan, misalnya ada even-even penting di instansi tersebut, sekolah mengirim duta untuk berpartisipasi, baik guru, karyawan ataupun siswa.
Pada peringatan hari besar-hari besar keagamaan (misal : Idul Fitri & Idul Adha),s ekolah mengadakan Sholat Id bersama dan memberi zakat fitrah serta pembagian daging qurban kepada warga sekitar yang kurang mampu secara ekonomi (dhuafa), ini mencerminkan nilai inti “Fokus kepada pelanggan”. 

Memiliki hubungan yang harmonis

Semua warga sekolah selalu menjaga hubungan baik, tidak bermusuhan. Untuk siswa ada tata tertib dan melarang keras siswa bekelahi dan memberikan sanksi yang tegas dengan dikeluarkannya dari sekolah, ini mencerminkan nilai inti “ramah dan menyenangkan”. 

Budaya baca warga sekolah tinggi

Sekolah menyediakan perpustakaan sekolah yang cukup ekslusif dan juga perpustakaan digital (e-library), dengan penataan ruang yang baik dan nyaman dengan fasilitas ruangan ber-AC, dilengkapi komputer untuk akses ke e-library atau http://perpus.sman3-smg.com dan penyediaan buku-buku pelajaran yang baru, baik berbahasa indonesia maupun bilingual.
Di ruang TRRC juga tersedia buku-buku bacaan untuk guru dalam rangka peningkatan wawasan. Sekolah juga berlangganan media cetak (Kompas, Suara Merdeka) yang dapat dibaca guru ataupun siswa, ini mencerminkan nilai inti “Pembelajaran Berkesinambungan”. 

Selalu berkompetisi dalam prestasi secara sportif

Sekolah mengadakan kegiatan lomba-lomba antar kelas (Class Meeting) pada event-event tertentu seperti Peringatan Kemerdekaan, Ulang Tahun Sekolah, menjelang kenaikan kelas ataupun event-event di luar sekolah. Pada saat siswa meraih juara, sekolah memberikan semangat untuk dapat mempertahankan prestasinya, sedangkan jika belum juara diberi motivasi untuk tidak patah semangat. Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah pada saat upacara bendera. Ini mencerminkan nilai inti “jujur & integritas, kreatif dan inovatif”