Building Design Competition SMA merupakan kompetisi tingkat SMA/sederajat se-Indonesia untuk mengasah kreativitas dan berpikir kritis dalam mendesain sebuah bangunan. Kompetisi ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari serangkaian acara CIVILWEEK yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

CIVILWEEK 2021 menyelenggarakan Building Design Competition dengan mengusung tema “Eco-Industrial Building Design at The Highlands”, yang mengajak peserta untuk mengasah kreativitas dalam mendesain sebuah bangunan yang terletak di kawasan pegunungan serta menggunakan konsep desain industrial dan ramah lingkungan.

SMA Negeri 3 Semarang mengirimkan 2 tim yakni Azalia Naida Shafa dan Frida Hening Safitri dengan Bapak Achmad Fauzan, S.Pd. sebagai guru pembimbing. Pengerjaan soal sebagai babak penyisihan dilakukan pada hari Minggu, 14 November 2021 menggunakan alat-alat yang dipersiapkan oleh masing-masing peserta, kemudian dinilai oleh juri, dan diambil 3 peserta dengan nilai tertinggi untuk menjadi juara.

Peserta melaksanakan perlombaan di tempat masing-masing. Tim peserta diwajibkan melakukan live streaming selama mengerjakan soal. Live Streaming dilakukan via Zoom sesuai ruangan yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta menggambar gambar denah, perspektif tampak luar, dan gambar tampak depan, samping, dan belakang. Lembar pengerjaan adalah kertas gambar berukuran A3 dan disiapkan oleh peserta secara mandiri. Format normalisasi/lembar pengerjaan mengikuti instruksi dari panitia. Peralatan gambar yang digunakan adalah pensil kayu, busur, jangka, penghapus, dan penggaris. Tidak diperkenankan menggunakan alat untuk mewarnai, rapido, bolpoin atau spidol.

Alokasi waktu pengerjaan selama 7 jam (07.30 – 14.30 WIB). Untuk gambar denah, peserta menggambar denah 1 lantai dengan luas tanah yang diumumkan saat perlombaan dan menggunakan skala 1:100. Denah yang direncanakan harus sesuai dengan skala yang digunakan. Untuk gambar perspektif tampak luar, peserta dibebaskan menggunakan teknik menggambar perspektif apapun. Setelah tim lomba selesai merancang desain bangunan, desain tersebut dinilai oleh para juri dan diambil 3 pemenang dengan perolehan nilai tertinggi. Pengumuman pemenang lomba yakni pada hari Minggu, 21 November 2021 melalui Closing CIVILWEEK. Tim Building Design Competition SMA Negeri 3 Semarang berhasil meraih 2 juara sekaligus. Frida Hening Safitri meraih juara 2 dan Azalia Naida Shafa meraih juara 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *