Branding SMAN 3 Semarang  A Research School to Nurture Spectacular Generations tidaklah mengada-ada. Hal ini dibuktikan siswa-siswanya yang terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional meskipun pandemi belum usai. Terakhir para peneliti muda SMAN 3 Semarang berhasil menggondol medali emas dalam ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI)  tahun 2021 bidang Budi Daya dan Lintas Usaha.

Adalah Hasan Sodiq Alaydrus dan Chandrakanti La Faini Putri, 2 siswa Kelas XI Olimpiade, yang dengan karyanya : “E-Goclay: Pelapis Kertas Berbahan Kertas Superhidrofob” berhasil memukau para dewan juri untuk memilihnya menjadi karya terbaik.

E-Goclay merupakan pelopor pelapis kertas anti air pertama di Indonesia yang terbuat dari limbah cangkang telur yang tidak dimanfaatkan. E-Goclay dapat melapisi kertas tanpa merubah sifat asli dari kertas tersebut. Cara pemakaian e-Goclay yang praktis dan dengan harga yang ekonomis, sehingga mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

FIKSI sendiri bertujuan membangun semangat dan jiwa kewirausahaan pada siswa dan memberikan bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai serta mengakselerasi usahanya. Diharapkan FIKSI akan mendorong terbentuknya model-model praktik (best practice) pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMA.

Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Wiharto, MSi.,  dalam ucapan selamatnya kepada para juara menyatakan bahwa pandemi tidak menghalangi siswa-siswanya untuk terus berprestasi meskipun banyak kendala dan keterbatasan.

SMAGA SPECTACULAR!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *