Lagi, lagi, dan lagi para siswa SMA 3 Semarang kembali menorehkan prestasi luar biasa di awal tahun 2022. Ya, para siswa berhasil memborong berbagai medali di Ajang ISPO 2022. Perlu diketahui, Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) adalah salah satu ajang lomba research dari berbagai bidang disiplin ilmu. Kategori yang dilombakan meliputi biologi, fisika, kimia, komputer, rekayasa teknologi dan robotika, dan lingkungan. Ajang ini bisa diikuti oleh siswa/siswi tingkat SMP/Mts, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia. ISPO 2022 diselenggarakan secara virtual pada 8-20 Febuari 2022.

Pada edisi ISPO 2022 ini tim research SMA 3 Semarang berhasil memborong berbagai medali untuk hampir semua kategori. Berikut adalah rincian medali yang berhasil diraih tim SMA 3 Semarang.

Satu MEDALI EMAS untuk bidang Chemistry atas nama Ali Akbar Alaydrus dan Hasan Shodiq Alaydrus. Yang luar biasa dari tim ini adalah kakak beradik. Sang kakak, Ali Akbar merupakan siswa kelas XII Olimpiade dan adiknya, Hasan Shodiq Alaydrus siswa kelas XI Olimpiade.

Selanjutnya satu MEDALI PERAK untuk bidang Technology dan Robotic atas nama Masayu Nur Kautsar Zaida Nafia dan Shafa Diya Pramesti. Yang istimewa Masayu dan Shafa sekaligus mendapat tiket untuk mengikuti kejuaraan internasional GENIUS OLIMPYAD di USA.

Selanjutnya, Tim research SMA 3 juga meraih dua MEDALI PERUNGGU untuk dua kategori yang berbeda. Pertama bidang Biology atas nama Salsabila Efananda dan Adelina Najwa Assyifa. Kedua, bidang Technology dan Robotic atas nama Amanda Charlendita Wibisono dan Nigel Arkanitia. Untuk bidang Technology dan Robotic Amanda dan Nigel juga sangat istimewa karena sekaligus mendapat tiket untuk mengikuti kejuaraan internasional IGO di Ukraina.

Keberhasilan tim SMA 3 di ajang ISPO 2022 ini tidak datang begitu saja. Para siswa sudah cukup lama mempersiapkan proyek penelitian mereka. Selain itu, peran pembimbing juga sangat besar dalam penelitian-penelitian siswa. Menurut Agus Priyatno, sebagai guru pembimbing, kesuksesan para siswa berkat kerja keras dan kegigihan dalam membuat research mereka. “Para siswa sangat luar biasa dalam membuat proyek-proyek penelitian. Selain itu, mereka juga tidak kenal lelah untuk menghasilkan karya yang spectakuler,” ungkap Agus. “Saya hanya sebatas mengarahkan para siswa agar dapat membuat penelitian sesuai kaidah-kaidah penelitian yang benar”, tambah Agus dengan rendah hati.

Kepala SMA 3 Semarang, Drs. Yuwana, M.Kom., juga sangat mengapresiasi terhadap raihan medali para siswa. Walaupun belum lama menjadi Kepala SMA 3 Semarang tetapi sudah mampu mengantarkan para siswa untuk meraih kesuksesan di ajang penelitian. “Saya sangat bangga terhadap prestasi anak-anak SMA 3, semoga prestasi di ajang ISPO ini menjadi batu locatan untuk meraih kesuksesan di ajang lainnya”, tutur Yuwana.

 

Teruslah raih prestasi-prestasi yang lebih spectakuler  ganesha muda.

SMAGA JAYA

(paktar)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.