Peneliti-peneliti muda SMAN3 Semarang kembali mempersembahkan medali Emas pada ajang Youth International Science Fair atau YISF merupakan ajang olimpiade penelitian tingkat internasional yang bergengsi. yang diadakan pada tanggal 9-10 April 2021 dan diikuti oleh 400 tim terpilih dari 23 negara.

Pada lomba YISF 2021 yang diselenggarakan secara virtual tersebut, Tim Ganesha Muda atas nama Puti Alta Maghfira dan Alya Nabila Ardhanari dari kelas 11 Olimpiade SMAN 3 Semarang berhasil meraih medali emas di kategori Life Science dan mendapatkan IYSA Grand Award : Fully Funded IYIIA (International Youth Invention and Innovation Award) 2021 dengan membawakan projek penelitian berjudul The Nephroprotective Effect of The Extracts Combination of Binahong and Kumis Kucing Leaves Experimental Testing on Gentamicin-Induced Wistar Rats yaitu penelitian yang menganalisis efek nefroprotektif pada campuran ekstrak daun binahong dan daun kumis kucing dalam menyembuhkan tikus gagal ginjal yang diinduksi dengan gentamisin

Project yang dibawakan

Gagal ginjal memiliki angka kematian yang sangat tinggi. Berdasarkan data Indonesian Renal Registry (IRR), jumlah penderita penyakit ginjal kronis pada tahun 2010 mencapai 440.500 orang, sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 520.207 orang. Penderita gagal ginjal juga harus melakukan prosedur cuci darah rutin dan biayanya mahal. Oleh karena itu, kita perlu menemukan alternatif pengobatan yang lebih murah dan lebih mudah diakses untuk menyembuhkan gagal ginjal.

Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) dan kumis kucing (Orthosiphon stamieus benth) mengandung flavonoid dan saponin yang diketahui memiliki efek nefroprotektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat campuran ekstrak daun binahong dan daun kumis kucing dalam penyembuhan gagal ginjal.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental pada tikus putih jantan galur wistar (Rattus norvegicus) dengan gagal ginjal yang diinduksi gentamisin dengan parameter yang dinilai adalah kadar kreatinin dalam darah. Teknik pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode in vivo dengan metode analisis spektrofotometri. Penelitian ini membuktikan bahwa kombinasi binahong dan kumis kucing dapat menyembuhkan tikus gagal ginjal akibat induksi gentamisin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *