Pelaksanaan wisuda siswa Kelas XII SMA 3 Semarang tahun 2021 digelar di Ruang Multimedia, Kampus SMA 3 Semarang, pada Kamis, (06/05/2021). Sehubungan masih situasi covid-19, prosesi wisuda tahun 2021 pun dilakukan secara daring. Hal yang membuat wisuda kali ini sangat spesial adalah  pelaksanaan wisuda yang sedianya dihadiri 401 siswa kelas XII itu digantikan oleh satu robot peraga.

Robot tersebut dirancang layaknya seorang wisudawan lengkap dengan memakai seragam batik kebanggaan SMA 3 Semarang. Robot berdiri di atas kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering atau aki. Robot bisa berjalan maju mundur dan berputar menggunakan remote control yang dikendalikan dari jarak hingga 15 meter.

Penyerahan simbolis berupa Surat Keterangan Lulus dan Rapor hasil belajar selama tiga tahun dilakukan oleh Kepala SMA 3 Semarang Drs. Wiharto, M.si. Wiharto mengatakan prosesi wisuda dengan menggunakan robot tersebut sebagai upaya sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah Covid-19. “Ini usaha kita menerapkan protokol kesehatan mencegah Covid-19 yakni menggunakan teknologi untuk proses wisuda di SMA 3 Semarang. Robot Ini merupakan karya salah satu alumni SNA 3 Semarang,” jelas Wiharto  kepada awak media, Kamis (06/05/2021).

Sementara itu, Rofiq C. Prayoga, sebagai pemilik robot. “Kami diminta Kepala SMA 3 Semarang  untuk membantu pelaksanaan wisuda dengan menggunakakan robot ini. Dia menjelaskan robot dilengkapi dengan fitur untuk berkomunikasi melalui layar tablet yang disematkan pada wajah robot. “Fiturnya dirancang bisa seperti orang wisuda, tangannya bisa bersalaman dengan Kepala Sekolah dan para wali kelas, kemudian satu tangannya lagi dapat menerima ijazah,” jelasnya. Selain itu, kata dia, komunikasi bisa dilakukan melalui aplikasi video call sehingga wisudawan yang berada di rumah masing-masing dapat berkomunikasi dua arah dengan kepala sekolah dan  pada saat penyerahan surat keterangan lulus. “Ini penghargaan dari SMA 3 Semarang untuk wisudawan terbaik setiap kelas agar mereka bisa bertatap langsung dan komunikasi dengan Kepala Sekolah. Meskipun mereka agak sedih juga tidak bisa bertemu langsung,” ungkapnya. Prosesi wisuda bisa disaksikan langsung oleh wisudawan dan keluarga melalui channel YouTube Smaga Spectacullar.

Sementara itu, salah satu wisudawan bernama Firdausi dari kelas XII IPA 10 yang merupakan wisudawan terbaik tahun 2021 mengungkapkan bahwa dirinya bersama orang tua sangat senang dan bangga mengikuti wisuda. “Walaupun wisuda dilaksanakan secara daring dan menggunakan robot, saya senang sekali mengikuti acara ini. Apalagi wisuda sekolah menggunakan robot merupakan satu-satunya di Indonesia, jadi tentu saja saya sangat bangga dengan SMA 3 Semarang,” ungkap Firdausi.

Semoga para lulusan SMA 3 tahun 2021 dapat diterima di perguruan tinggi sesuai yang dicita-citakan.

Maju dan jayalah SMA 3 Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *