Selamat atas Bronze Medal Ganesha Muda di ajang Castic 2019 di Macau China

Raut wajah Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi atau biasa disapa Retno Marsudi tampak berubah ketika menapakkan kaki di halaman depan SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (30/8/2019) pagi. Tiba pada pukul 07.00., raut wajah Retno Marsudi tiba-tiba berubah menjadi lebih berbinar-binar saat memasuki halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Pemuda 149 Semarang itu. Retno Marsudi datang dengan berjalan kaki didampingi para staf Kementerian Luar Negeri. Kepala SMA Negeri 3 Semarang, Drs. Wihato, M.Si. yang juga ikut menyambut tampak sumpringah ketika Retno Marsudi datang di SMA N 3 Semarang.

“Saya merasa senang sekali dapat kembali ke sekolah saya dulu. Lihat halaman depan dan kanopi jadi teringat masa-masa SMA dulu,” kata Retno Marsudi.

Retno Marsudi selanjutnya bertemu dengan para gurunya yang sudah purna dan beberapa teman seangkatan yang lulus tahun 1981. Salah satu mantan guru Retno Marsudi, Farida Laksmi, terlihat menitikkan air mata ketika berpelukan dengan mantan siswinya.

“Saya merasa bangga dan terharu ketika bertemu dengan salah satu murid saya,” ucap Farida.

Selanjutnya, Retno Marsudi memasuki salah satu kelas untuk melihat proses belajar mengajar di SMA N 3 Semarang. Di kelas Retno Marsudi memberikan motivasi kepada para siswa agar terus bersemangat belajar dan menjadi para siswa yang hebat.

“Jadilah lokomotif yang akan menarik teman-teman kalian agar menjadi pemuda-pemuda hebat di masa yang akan datang,” pesan Retno.

Selepas berkomunikasi dengan para siswa, Retno Marsudi berkeliling ke ruang-ruang yang lain. Salah satunya adalah mencari kelasnya waktu SMA dulu. Sayangnya kelas tersebut telah berubah fungsi menjadi fasilitas lain seiring penataan ruang.

Bagian akhir nostalgianya di SMA-nya dulu adalah mengunjungi kantin tempat dulu bersendau gurau bersama teman-teman seangkatannya. Di kantin, Retno Marsudi disuguhi makanan khas kantin SMA N 3 Semarang yang begitu melegenda yaitu Badak Sambal. Tanpa sungkan, Retno Marsudi didampingi para Staf Kementerian Luar Negeri dan guru-guru Retno Marsudi dulu begitu lahap menikmati Badak Sambal makanan khas kantin SMA N 3 Semarang.

“Rasanya enak sekali, walaupun sudah berpuluh-puluh tahun tidak pernah menikmati Badak Sambal, rasanya masih seperti dulu ketika saya sekolah,” ungkap Retno.

Puas mengingat kenangannya saat masa sekolah, Retno Marsudi pun memberikan pesan kepada siswa SMAN 3 Semarang untuk selalu meneruskan tradisi menelorkan anak-anak hebat yang cerdas, baik, santun, dan memiliki semangat tinggi dalam menempuh pendidikan. Disamping menjaga nama baik sekolah dan menjadi inspirasi bagi pelajar lainnya.

“Jadilah anak-anak yang hebat, cerdas, baik, santun, agar kita menjadi bangsa pemenang” tuturnya. Sukses selalu Bu Retno Marsudi. Jayalah SMA 3! (pakTar)

Leave a Reply