Sekitar 75 tenaga pengajar dari SMA negeri 3 Semarang mengikuti  IHT (In House Training) tentang penyusunan  Best practice (BP) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di masa pandemi covid-19.  Kegiatan ini dilaksanakan Senin, 22 Maret 2021. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Multimedia SMA 3 Semarang dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para guru ini mendapatkan materi dari dua narasumber yang berkompeten.

Narasumber pertama Tarisno, S.Pd. berasal dari SMA Negeri 3 Semarang. Materi yang disampaikan tentang Best Practice. Tampak peserta sangat antusias mengikuti paparan demi paparan yang di sampaikan Tarisno.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan IHT ini karena saya mendapatkan pengetahuan baru tentang cara menyusun Best Practice. Apalagi narasumbernya cukup sistematis dalam menjelaskan materi sehingga saya benar-benar paham”, ungkap Emmy Irianingsih, Guru Kimia yang mengikuti kegiatan tersebut.

Materi  kedua disampaikan oleh Achmad Nayazik, M.Pd. dari Universitas Veteran. Materi yang dibawakan tentang penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Para peserta juga cukup bersemangat mengikuti paparan narasumber.

Menurut Kepala SMA 3 Semarang, Drs. Wiharto, M.Si., kegiatan ini merupakan upaya pengembangan keprofesian guru. Oleh karena itu, Wiharto sangat mendukung diadakannya kegiatan ini walaupun dilaksanakan di masa pandemi. “Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena dalam kondisi apapun para guru harus tetap melakukan pengembangan keprofesiannya”, ujar Wiharto.

Dengan kegiatan ini diharapkan para guru memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Selanjutnya kemampuan para guru SMA 3 Semarang dapat berkembang menjadi lebih baik. (@Paktar-21).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *