Visitor Counter

Links

Hebat! Siswa SMA N 3 Semarang Raih Medali Perak di Ajang INFOMATRIX 2017 di Bucharest, Romania.

Written by Administrator | 2017-05-05 02:42:39
 

 

Foto : Mulya

Semarang - Siswa SMA Negeri 3 Semarang memperoleh medali perak kategori project WorkUp di ajang International Informatics Project Competition (INFOMATRIX) 2017 world final, di Bucharest, Romania, 27- 1 April-Mei lalu.

InfoMatrix adalah kompetisi proyek komputer internasional.  Proyek ini bermaksud menghadirkan siswa-siswa  IT terbaik dari seluruh dunia. InfoMatrix bukan hanya semata-mata tentang IT melainkan juga berfungsi untuk mempromosikan  budaya melalui keterlibatan siswa dan guru dari berbagai negara.

International Informatics Project Competition (INFOMATRIX) pertama kali diselenggarakan tahun 2010 dengan kategori antara lain: 1. Programming, 2. Hardware Control, 3. Computer Art, 4. Short Movie, dan 5. Robotics. Tahun 2017 kompetisi ini diikuti oleh perwakilan dari 45 negara  dengan menghadirkan 495 proyek.

Siswa SMA Negeri 3 Semarang peraih medali perak itu bernama lengkap Tengku Fredly Reinaldo. Siswa kelas X MIPA-9  yang biasa disapa Aldo ini membuat project WORK UP! Your Everyday Solution. Proyek ini merupakan aplikasi yang menjadi solusi sehari-hari bagi orang yang membutuhkan bantuan dalam hal ini (owner) dan orang yang butuh income tambahan (worker). Setiap owner yang telah terdaftar bisa mengunggah informasi detail bantuan (pekerjaan) yang owner sediakan. Aplikasi ini dikembangkan dengan basis android sehingga siapapun yang ingin mencoba dapat mengunduh lewat playstore.

Aldo meraih medali perak untuk kategori Programming setelah mengalahkan para finalis dari Malaysia, Rusia, USA, Jerman, Afrika, Turki, Pakistan, Tunisia, India, dan banyak negara lainnya.

Untuk penilaian meliputi penampilan stand dan proyek itu sendiri. Untuk stand yang ditampilkan lebih menonjolkan karakter budaya Indonesia. Disertai pakaian adat Jawa untuk lebih menonjolkan karakter keberagaman budaya Indonesia. Selain itu, kebermanfaatan proyek menjadi indikator utama dalam penilaian dewan juri.

Menurut Aldo, stand SMA N 3 Semarang merupakan stand paling banyak dikunjungi dari negara lain karena tampilannya paling menarik dan orangnya terkenal ramah. “ Stand kami Alhamdulillah menjadi stand yang paling banyak dikunjungi karena menurut mereka kami sangat ramah kepada semua pengunjung”, ucap Aldo.



Pembina sekaligus pendamping Aldo, Sri Mulyani, mengungkapkan kegembiraannya setelah pengumuman pemenang. "Alhamdulillah kami berhasil meraih medali perak, apalagi INFOMATRIX ini kompetisi IT untuk siswa menengah paling bergensi di dunia umumnya dan khususnya di kawasan Eropa Tengah," lanjut Sri Mulyani, sebagai pembina.

Sementara itu, Drs. Wiharto, M.Si., selaku Kepala SMA Negeri 3 Semarang mengatakan para pemenang kompetisi semacam ini selayaknya terus dikembangkan dan dibina agar kelak bisa memberikan solusi dalam industri teknologi tinggi maupun solusi kemasyarakatan praktis.

"Kami dari pihak sekolah sangat bangga dengan prestasi siswa kami. Semoga dengan hasil ini menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk menunjukkan potensinya di bidang-bidang lainnya" pungkasnya. (Pt)

Name* :
E-mail :
Comment* :
 
Isikan di sini*