Visitor Counter

Links

Guru SMA 3 Ciptakan Kelas Maya dengan EDMODO

IHT peningkatan kompetensi Guru SMA Rujukan

Written by Administrator | 2016-12-09 07:12:18
 

Selama dua hari berturut-turut dari hari Jumat sampai Sabtu, tanggal 8-9 Desember 2016 diselenggarakan kegiatan bertajuk In House Trainning (IHT) di ruang media SMA Negeri 3 Semarang, kegiatan dimaksudkan dalam rangka peningkatan kualitas dan kompetensi guru-guru SMA 3 semarang, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terkait penggunaan LMS (Learning Management System). Sebagai narasumber adalah Bapak Putut Joko Wibowo dari LPMP Jawa Tengah dan Masrohan Mufid, relawan TIK dari SEAMOLEC Indonesia.

Pelatihan difokuskan pada implementasi kelas maya melalui penggunaan EDMODO, sebagai salah satu LMS yang sudah dipatenkan sebagai standar LMS di negara-negara yang tergabung dalam SEAMEO. Materi yang disampaikan narasumber terkait dengan bagaimana cara menciptakan kelas maya, membuat materi, membuat soal atau quiz online hingga percobaan video conference. Selama kegiatan berlangsung para peserta juga didampingi oleh para fasilitator yang semuanya adalah guru-guru SMA 3 semarang yang telah mendapatkan pendampingan pelatihan EDMODO dari LPMP Jawa Tengah.

Antusiasme dan semangat guru-guru SMA 3 dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi, hal tersebut bisa dilihat dari keaktifan peserta  dalam mengimplementasikan EDMODO untuk kegiatan pembelajaran, hampir seluruh peserta dapat membuat materi, quiz, task yang nantinya akan dishare ke peserta didiknya. Di sisi yang lain, Kepala SMA 3 Semarang, Drs. Wiharto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan " Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan guru-guru SMA 3 bisa semakin maju, dan cerdas dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran, terutama EDMODO sebagai salah satu LMS yang direkomendasikan untuk pembelajaran di sekolah".

Harapan lebih besar datang dari sebagian besar guru setelah mengikuti kegiatan IHT adalah adanya keinginan untuk melaksanakan Ulangan Harian Berbasis Komputer menggunakan EDMODO di SMA Negeri 3 Semarang sesegera mungkin. Majulah guru  dan jayalah SMAHGA...

Berita terkait :

Name* :
E-mail :
Comment* :
 
Isikan di sini*