Visitor Counter

Links

SMA 3 raih 1 emas 1 Perak di ajang OPSI 2011

Written by Administrator | 2011-10-13 11:04:00
 



Tim Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMA Negeri 3 Semarang berhasil meraih 1 emas dan 1 perak pada final OPSI 2011 yang berlangsung di Jakarta yang diikuti 90 siswa SMA dari 17 provinsi di Indonesia.
Hadir dalam penutupan acara tersevut Wakil Menteri Pendidikan Nasional Dr. Fasli Jalal, yang dalam sambutannya mengatakan ika kreativitas dan inovasi dikembangkan sejak sekarang di tingkat sekolah, lanjut Fasli Indonesia sudah punya calon peneliti ke depan. Fasli pada kesempatan itu juga mengimbau kepada guru agar mengarahkan anak didiknya menjadi siswa yang kreatif dan inovatif sehingga impian Indonesia menjadi negara terbesar ke-8 di dunia pada 2045 bukan hal yang mustahil.
"Untuk memacu semangat anak bangsa menjadi para peneliti handal pemerintah memberikan insentif pendanaan kegiatan inovasi dan kreatifitas kepada sekolah-sekolah di seluruh Tanah Air," katanya.

SMA Negeri 3 Semarang, pada event NYIA (National Young Inventor Award) yang diselenggarakan oleh LIP (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) juga berhasil meraih medali perunggu, dan berhak mewakili Indonesia pada NYIA tingkat Internasional di Bangkok Thailand tahun 2012, tentunya keberhasilan-keberhasilan  ini kembali mengibarkan bendera SMA 3 Semarang di ajang penelitian siswa tingkat Nasional dan menjadi bukti shahih sebagai sekolah RSMA BI yang memiliki kualitas unggul di bidang penelitian. Adapun nama-nama siswa yang meraih medali pada ajang OPSI 2011 adalah sebagai berikut :

NO NAMA JUDUL BIDANG
1 DEWI NURCAHYANINGSIH PENDIRIAN KOPERASI ANAK JALANAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKOLOGI
2 YONATHAN ALAN SAPUTRA METAMORFOSIS KATA DAN KALIMAT RAGAM TULIS BAHASA INDONESIA DALAM JEJARING SOSIAL FACEBOOK EKOLOGI

Untuk diketahui juga bahwa siswa-siwi SMA 3 Semarang yang terbagi dalam 3 tim, yang sebelumnya juga meraih emas, perak dan perunggu pada ISPO 2011 lalu dalam minggu-minggu ini akan mengikuti babak final HKISF (Hongkong Inetrnational Science Fair) di Hongkong 16-18 Oktober 2012.

Semoga ganesha-ganesha muda SMA 3 Semarang berhasil mempersembahkan yang terbaik buat SMA 3 dan menjadi kado terindah bagi HUT SMA 3 yang ke 134 di tahun 2011 ini.
(admin/smaga)


Berita terkait :
3 Karya Siswa SMA 3 menuju HKISF 2011  di Hongkong
4 Karya Siswa SMA 3 Lolos  Final OPSI 2011
SMA 3 Berjaya di ajang ISPO 2011
Name* :
E-mail :
Comment* :
 
Isikan di sini*